Jumat, 03 Desember 2010

Serba-serbi Islam di Negeri Paman Sam



Apa yang terlintas di benak kamu begitu mendengar kata ‘Amerika’? Film Hollywood? Casino royale? Paparazzi? Umat Yahudi? Ya, semua yang kamu pikirkan benar, bahwa hollywod dan kawan-kawannya memang berkaitan erat dengan Amerika Serikat. Namun, kendati demikian, tahukah kamu bahwa Amerika juga punya sejarah tentang perkembangan Islam? Kali ini SWM akan membahas serba-serbi yang berkaitan tentang Islam di Amerika. Lalu, apa sajakah itu? Singkat saja deh kata pengantarnya, selamat membaca!

*Perangko Amerika bertema idul fitri
Pada tanggal 1 September 2001, United States Postal Services (USPS) telah mengeluarkan perangko baru, first class, yang bertemakan “Eid Mubarak” (selamat hari raya). Adapun tema ini diambil untuk menyambut perayaan dua hari raya besar umat Islam, yaitu idul fitri dan idul adha.

*Perjuangan USPS tidak mudah
Adapun perjuangan agar USPS mengeluarkan perangko ini tidaklah mudah. Organisasi-organisasi Islam beserta komintas Muslim di Amerika sudah berkali-kali mengirimkan surat pernyataan dan rekomendasi kepada pemerintah Amerika dan USPS untuk mengeluarkan perangko yang bertemakan tentang Islam, mengingat jumlah pemeluk Islam di negara ini telah menanjak dan Islam dikenal sebagai agama yang paling cepat berkembang di Amerika.

*Ketiga di Amerika.
Islam adalah agama terbesar ketiga di AS, setelah Nasrani dan Yahudi. Namun, Islam adalah agama yang paling cepat perkembangannya di sana. Bahkan, Deplu AS dalam program informasi internasionalnya memperkirakan pada tahun 2010 jumlah penduduk muslim di AS bisa melampaui jumlah kaum Yahudi. Artinya, Islam akan menjadi agama terbesar kedua setelah Kristen. (Kita doakan saja… semoga perkembangan islam di bumi Hollywood dapat meningkat dengan cepat… Amin…)

*Migrasi Muslim di AS.
Dalam tulisannya yang berjudul “Membangun Lingkungan dan Masa Depan Islam di Amerika,” Dr. Juhaya S. Praja mengungkap fakta tentang gelombang migrasi orang Islam ke AS. Migrasi pertama terjadi pada tahun 1875-1912. Migrasi ini didominasi para pemuda desa yang tidak terpelajar dan tidak mempunyai keterampilan kerja.

*Orang Amerika Pertama yang Memeluk Islam
Akbar Muhammad, guru besar State University of New York, menyatakan bahwa orang Amerika pertama yang tercatat sebagai pemeluk Islam adalah Reverend Norman, seorang misionaris gereja Methodist di Turki. Ia memeluk Islam pada tahun 1870.

*Pendiri Organisasi Islam Pertama di Amerika.
Pada dekade berikutnya, Muhammad Alexander Russel Webb masuk Islam ketika bertugas sebagai Konsulat Jenderal AS di Filiphina (1887). Ia adalah pendiri organisasi Islam pertama di Amerika (1893). Ia sempat dua bulan berada di India dan berjumpa dengan sejumah pemimpin dan pemikir Muslim di India.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar